menu

Lemahnya Pengawasan Salah Satu Penghuni Tahanan Rutan Sukadana Mengalami Luka Tusuk

Dilaporkan oleh : Eko Wahyuntoro

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Lampung Timur– Lemahnya pengawasan keamanan, Tamrin salah satu penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sukadana, Lampung Timur, mengalami luka akibat penusukan senjata tajam, sehingga di larikan ke Rumah Sakit Umum Sukadana.

Akibat kejadian ini, Hairul, sebagai keluarga korban, mempertanyakan bagaimana senjata tajam tersebut bisa masuk ke dalam rutan dengan leluasa.

“Diduga, senjata tajam itu diperoleh dari masuk besukan orang luar, sehingga menyiratkan adanya kelalaian dan potensi penyalahgunaan wewenang dari petugas rutan,” ujar Hairul. Jum’at (4/10/2024).

Dia juga menekankan, Kejadian ini menunjukkan adanya pelanggaran terhadap standar prosedur yang harus diikuti, dan kami berharap pihak kepolisian serta Kemenkumham dapat segera menyelidiki.

Para awak media yang berusaha menggali informasi lebih lanjut mengenai insiden penusukan ini menemui kendala. Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IIB Sukadana, Mario Filie, melarang jurnalis untuk meliput, dengan alasan bahwa mereka tidak profesional.

“Larangan membawa handphone ke dalam rutan bagi kami merupakan penghambat tugas jurnalis,” keluh salah satu wartawan online.

Lebih lanjut Dia mengatakan, saat para wartawan berusaha untuk melakukan wawancara, mereka diminta menyimpan handphone di tempat yang disediakan dan hanya diperbolehkan mencatat dengan cara manual.

“Kami disuruh menulis di atas kertas untuk mencatat hasil wawancara. Kami merasa kembali ke zaman dahulu,” tambahnya.

Kebijakan pengamanan ini menuai protes dari banyak wartawan yang meliput di Lampung Timur. Mereka berencana untuk mengajukan protes resmi kepada pihak Kemenkumham, mengingat bahwa di era digital saat ini, handphone merupakan alat penting dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Kejadian ini menunjukkan tidak hanya masalah keamanan di dalam rutan, tetapi juga tantangan bagi kebebasan pers dalam menjalankan tugasnya.

Wartawan berharap pihak berwenang dapat segera menindaklanjuti dan memperbaiki situasi ini demi kepentingan publik

“Menghalangi wartawan untuk memanfaatkan teknologi dalam peliputan sungguh ‘terlalu’. Kami mohon agar kebijakan ini ditinjau kembali,” pungkasnya. (Tim)

Klik Gambar

Bagikan berita ini

| Baca Juga

Zulkifli Hasan ke Lambar,Nukman tinjau lokasi guna pastikan persiapan.

Zulkifli Hasan ke Lambar,Nukman tinjau lokasi guna pastikan persiapan.

Lampung Barat,Global Lampung News  -  Peletakan batu pertama pembangunan proyek pasar tematik wisata Lumbok Seminung rencana akan dilakukan oleh Mentri Perdagangan Dr.H.C Zulkifli Hasan S.E,.M.M pada 25 Januari mendatang. Demi

Januari 17, 2024
Zoom Meeting GPM, Bupati Dawam Rahardjo Berharap Bisa Membantu Kekurangan Bahan Pokok Masyarakat

Zoom Meeting GPM, Bupati Dawam Rahardjo Berharap Bisa Membantu Kekurangan Bahan Pokok Masyarakat

SEKAMPUNG-- Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo Memberi Sambutan dalam acara Zoom Meeting Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di Lapangan Desa Sidomukti, Kecamatan Sekampung, Senin (26/06/2023). Hadir dalam acara

Juni 26, 2023
Zaelani Diduga Menyerobot atau Perampasan Rumah Milik Hasanudin

Zaelani Diduga Menyerobot atau Perampasan Rumah Milik Hasanudin

Lampung Selatan - Menindaklanjuti terkait dengan indikasi dugaan penyerobotan atau perampasan rumah milik Hasanudin warga Desa Kali Asin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, oleh seorang warga setempat bersama Zaelani.

Yus Bariah Dawam Rahardjo, Menyerahkan Program TAS BARIYAH di Desa Taman Asri Berjumlah 401 Peserta

Yus Bariah Dawam Rahardjo, Menyerahkan Program TAS BARIYAH di Desa Taman Asri Berjumlah 401 Peserta

Purbolinggo-- Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kader PKK di Desa Taman Asri dalam menjalankan Program Tabungan Sembako untuk Hari Raya/TAS BARIYAH. Hal

Maret 27, 2023

Kategori Berita

Kabar Lampung