menu

Bijak Menentukan Pilihan Demi Lampung Utara yang Lebih Baik

Dilaporkan oleh : Candra Kusuma/Jauhari Saleh

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Lampung Utara – Pilkada 2024 akan berlangsung 71 hari lagi, tepatnya pada Rabu, 27 November. KPU telah mempersiapkan seluruh instrumen pemilu dengan matang. Kini, rakyat sebagai pemilih memiliki tanggung jawab moral untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi, demi melahirkan pemimpin yang benar-benar melayani kepentingan rakyat, bukan pemimpin yang hanya mengedepankan ambisi pribadi.

Dalam memilih pemimpin, rakyat perlu melihat calon secara komprehensif dengan mencermati beberapa prinsip dasar, yaitu:

1. Etikabilitas
Calon harus memiliki integritas yang tercermin dalam kepatuhan pada nilai-nilai etis.

2. Intelektualitas
Pemimpin yang cerdas adalah mereka yang memiliki pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis untuk memberikan solusi terbaik bagi masyarakat.

3. Elektabilitas
Tingkat keterpilihan calon, berdasarkan survei dan dukungan politik, merupakan indikator penerimaan calon di mata masyarakat.

Prinsip-prinsip ini penting untuk menilai rekam jejak, kapasitas, dan dedikasi calon, baik untuk gubernur, bupati, maupun wali kota. Pengalaman pilkada sebelumnya di berbagai daerah telah menunjukkan bahwa janji-janji manis sering kali hanya menjadi alat untuk menarik simpati, tanpa pernah direalisasikan.

Pilkada adalah momen perubahan bagi rakyat. Partisipasi aktif dalam pemilu sangat penting untuk memastikan terpilihnya pemimpin yang mampu membawa daerah keluar dari permasalahan yang ada. Misalnya, Lampung Utara, dengan populasi 659,89 ribu jiwa, memiliki tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Lampung, yaitu 16,92%. Ini menjadi isu utama yang harus diperhatikan dalam dialog politik pilkada. Para calon pemimpin harus mampu menawarkan kebijakan yang jelas dan realistis untuk menangani persoalan ini.

Kemiskinan di Lampung Utara membutuhkan solusi dari pemimpin yang berani dan visioner, terutama mengingat keterbatasan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karena itu, menjelang Pilkada 2024, sikap apatis dan pesimis harus digantikan dengan semangat politik partisipatif. Peran rakyat dalam pemilihan ini sangat menentukan kualitas pemimpin yang akan memimpin selama lima tahun ke depan.

Rakyat sebagai pemegang hak suara harus bijak dan cerdas dalam menentukan pilihannya, dengan mempertimbangkan prinsip Etikabilitas, Intelektualitas, dan Elektabilitas. Memilih dengan bijak akan menentukan masa depan Lampung Utara yang lebih baik.

Penulis: Deni Kurniawan
Sekretaris Umum HMI Cabang Kotabumi

Klik Gambar

Bagikan berita ini

| Baca Juga

Zulkifli Hasan ke Lambar,Nukman tinjau lokasi guna pastikan persiapan.

Zulkifli Hasan ke Lambar,Nukman tinjau lokasi guna pastikan persiapan.

Lampung Barat,Global Lampung News  -  Peletakan batu pertama pembangunan proyek pasar tematik wisata Lumbok Seminung rencana akan dilakukan oleh Mentri Perdagangan Dr.H.C Zulkifli Hasan S.E,.M.M pada 25 Januari mendatang. Demi

Januari 17, 2024
Zoom Meeting GPM, Bupati Dawam Rahardjo Berharap Bisa Membantu Kekurangan Bahan Pokok Masyarakat

Zoom Meeting GPM, Bupati Dawam Rahardjo Berharap Bisa Membantu Kekurangan Bahan Pokok Masyarakat

SEKAMPUNG-- Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo Memberi Sambutan dalam acara Zoom Meeting Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di Lapangan Desa Sidomukti, Kecamatan Sekampung, Senin (26/06/2023). Hadir dalam acara

Juni 26, 2023
Zaelani Diduga Menyerobot atau Perampasan Rumah Milik Hasanudin

Zaelani Diduga Menyerobot atau Perampasan Rumah Milik Hasanudin

Lampung Selatan - Menindaklanjuti terkait dengan indikasi dugaan penyerobotan atau perampasan rumah milik Hasanudin warga Desa Kali Asin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, oleh seorang warga setempat bersama Zaelani.

Yus Bariah Dawam Rahardjo, Menyerahkan Program TAS BARIYAH di Desa Taman Asri Berjumlah 401 Peserta

Yus Bariah Dawam Rahardjo, Menyerahkan Program TAS BARIYAH di Desa Taman Asri Berjumlah 401 Peserta

Purbolinggo-- Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kader PKK di Desa Taman Asri dalam menjalankan Program Tabungan Sembako untuk Hari Raya/TAS BARIYAH. Hal

Maret 27, 2023

Kategori Berita

Kabar Lampung